Selasa, 25 Oktober 2011

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

A. PENDAHULUAN

Ibarat sebuah mobil, laju mobil penting untuk dapat mengantarkan penumpangnya ke tempat tujuan. Mobil melaju karena injakkan pedal gas pengemudinya dan berhenti kerena injakan pedal rem. Injakan pedal gas mobil diperlukan agar mobil dapat melaju dan injakan pedal rem diperlukan agar mobil

melaju dengan selamat. Begitu pula sebuah perusahaan bergerak karena beraksinya sumber daya manusia bersama-sama sumberdaya yang lain. Agar aksi manajemen perusahaan berjalan selamat perlu memperhatikan etika bisnis dan tanggung jawab sosial. Etika dan tanggung jawab sosial perupakan rem perusahaan agar berkerja tidak bertabrakan dengan pemegang kepentingan perusahaan, seperti pelanggan, pemerintah, pemilik, kreditur, pekerja dan komunitas atau masyarakat. Hubungan yang harmonis dengan pemegang kepentingan akan menghasilkan energi positif buat

kemajuan perusahaan.

B. ALASAN ATAS KODE ETIK

1. Meningkatkan kepercayaan publik pada bisnis.

2. Berkurangnya potensial regulasi pemerintah yang dikeluarkan sebagai aktivitas kontrol.

3. Menyediakan pegangan untuk dapat diterima sebagai pedoman.

4. Menyediakan tanggungjawab atas prilaku yang tak ber-etika.

C. PERTIMBANGAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

1. Pelanggan (Customers)

2. Pekerja (Employees)

3. Pemegang saham (Stockholders)

4. Kreditur (Creditors)

5. Masyarakat (Communities)

D. TANGGUNG JAWAB SOSIAL KEPADA PELANGGAN

1. Bagaimana Memastikan Tanggung jawab Bisnis :

Ø Tetapkan kode etika.

Ø Monitor keluhan pelanggan.

Ø Memperoleh umpan balik pelanggan

2. Bagaimana memastikan tanggungjawab Pemerintah :

Ø Peraturan Keamanan Produk.

Ø Peraturan Periklanan.

Ø Peraturan Persaingan Industri.

E. TANGGUNG JAWAB SOSIAL KEPADA PEKERJA

1. Keamanan Pekerja (Employee Safety)

Ø Memastikan Tempat kerja yang aman bagi pekerja.

2. Perlakuan pekerja

Ø Memastikan tidak ada diskriminasi.

3. Kesamaan kesempatan (Equal Opportunity)

Ø Kesamaan Kesempatan/Hak sipil

4. Bagaimana memastikan tanggung jawab Bisnis :

Ø Keluhan Prosedur.

Ø Kode etik.

Ø UU Ketenaga kerjaan

F. TANGGUNG JAWAB SOSIAL KEPADA KREDITOR

1. Kewajiban Keuangan.

2. Informasikan kreditur jika mempunyai permasalahan keuangan

G. TANGGUNG JAWAB SOSIAL KEPADA LINGKUNGAN

1. Pencegahan polusi udara:

Ø Peninjauan kembali proses produksi.

Ø Petunjuk Penyelenggaraan pemerintah

2. Pencegahan polusi daratan:

Ø Peninjauan kembali proses produksi dan pengemasan.

Ø Menyimpan dan mengirim barang sisa beracun ke lokasi pembuangan

H. TANGGUNG JAWAB SOSIAL KEPADA MASYARAKAT

1. Sponsori peristiwa masyarakat lokal.

2. Sumbangkan kepada masyarakat tidak mampu.

0 komentar:

Bayu Mayura Pridatama | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all