Selasa, 28 September 2010

REVIEW JURNAL 1

1. Tema : Kepuasan Konsumen

Pengarang : Nur Achmad

Tahun pembuatan : 2006

2. Judul : Analisis simultan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada grapari telkomsel di surakarta.

3. Latar Belakang Masalah :

Perkembangan teknologi dewasa ini membawa manusia untuk dapat melakukan segala hal secara instan, salah satu contohnya adalah dalam dunia komunikasi. Surat menyurat tidak lagi menjadi satu-satunya jalan unutk berkomunikasi jarak jauh, handphone dapat menjadi pilihan utama, selain bisa digunakan untuk komunikasi jarak jauh dapat pula dibawa kemna-mana serta dapat pula digunakan dalam banyak hal. Kondisi seperti ini memaksa perusahaan telekomunikasi melakukan strategi yang tepat untuk mempertahankan produknya di pasaran. Salah satun produsen telekomunikasi terbesar di Indonesia adalah Telkomsel. Karena jumlah pelanggannya semakin banyak dan daya saing semakin tinggi.

Pengukuran kualitas pelayanan produk atau jasa pada dasarnya adalah sama dengan pengukuran kepuasan konsumen, yaiut ditentukan oleh variabel-variabel harapan konsumen dan kinerja yang dirasakan. Demikian pentingnya kualitas pelayanan bagi perusahaan atau industri yang bergerak dibidang jasa pelayanan khususnya persuhaan Telkomsel yang bergerak dibidang telekomunikasi yang selalu mengikuti perkembangan dunia, hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk memuaskan konsumen sehingga dapat mempertahankan konsumen dalam penggunaan produknya dan menarik konsumen baru.

Masalah : Bagaimana cara Telkomsel dalam memberikan palayanan untuk menciptakan kepuasan terhadap konsumen

Tujuan :

a. untuk mengtahui kualitas pelayanan secara langsung dapat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Grapari Telkomsel di Surakarta

b. untuk mengetahui kualitas secara tidak langsung berpengaruh terhadap minat beli konsumen Grapari Telkomsel di Surakarta

c. Untuk mengatahui kepusan konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen.

4. Metodologi

a. data dan variabel

Variabel Independen :

Tangible(X1), Reliability (X2), Responsiveness(X3), Assurance(X4), Empathy(X5)

Variabel Dependen :

Kepuasan Konsumen(Y1), Minat Beli(Y2)

b. model sampling

sampel diambil secara acak sistematik dan dihitung berdasarkan rumus sampel minimal dengan menetapkan jumlah sampel dibulatkan menjadi 100 responden. Dengan tingkat kepercayaan 0,01 dalam pengujian normalitas.

c. Tahap Penelitian

Teknik analisis yang akan digunakan adalah analisis regresi yang digunakan untuk menguji pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat. Analisis regresi dilakukan dengan bantuan program aplikasi statistik AMOS 5 for window.

1. Uji Validitas

Bila setiap indikator memiliki critical ratio yang lebih besar dari 2 kali standar errornya, maka menunjukkan bahwa indikator itu secara valid mengukur apa yang seharusnya diukur dalam model yang disajikan.

2. Uji Reliabilitas

Dalam penelitian reliabilitas eksploratori reliabilitas yang sedang antara 0,5-0,6 sudah cukup untuk emngjustifikasi sebuah hasil penelitian

3. Teknik Pengujian Hipotesis

Untuk menguji hipotesis dugunakan Struktural Equation Modelign(SEM)yaitu bentuk perluasan atau kombinasi teknik untuk pengujian sebuah rangkaian hubungan yang relatif rumit secara simultan, pengoperasiannya dengan paket program AMOS 5.

5. Hasil dan Pembahasan

a. Pengujian Instrumen Penelitian (Validitas dan Reliabilitas)

b. Pengujian Asumsi-Asumsi SEM

c. Uji Korelasi

d. Uji Model

e. Analisis atas Direct Effect, Inderect Effect, dan Total Effect

6. Kesimpulan dan Saran

a. Kesimpulan : Hasil penelitian menunjukkan untuk pengaruh dimensi tangible (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y1) diperoleh nilai C.R sebesar 3,290 (p=0,001) menunjukkan bahwa tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, pengaruh antara reliability(X2) terhadap kepuasan konsumen(Y1) diperoleh C.R sebesar 0,853 (p=0,394) sehingga reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, pengaruh antara dimensi responsiveness(X3) terhadap kepuasan konsumen diperoleh nilai C.R sebesar 1.116 (p=0,264) sehingga responsiveness tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh antara assurance diperoleh C.R sebesar 2,420 (p=0,016) sehingga assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pengarh antara dimensi emphaty(X5) terhadap kepuasan konsumen diperoleh nilai CR sebesar 0,608 (p=0,543) sehingga emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh antara kepuasan konsumen(Y1) dengan minat beli(Y2) diperoleh C.R sebesar (7,708 (p=0,000) menunjukkan bhawa kepuasan konsumen berpangaruh signifikan terhadap minat beli konsumen Telmonsel di Grapari Surakarta. Maka setiap indikator pasti saling berkaitan dengan adanya hubungan timbal balik antar satu sama lain yang memeberikan efek yang signifikan maupun tidak signifikan terhadap konsumen.

b. Saran : Dengan demikian jika ingin meningkatkan minat beli konsumen terhadap suatu produk terhdap konsumen maka berikan kepuasan kepada konsumen sebab dengan memberikan kepuasan pelayanan kepada konsumen sebenarnya kita telah dapat memberikan yang terbaik kepada perusahaan itu sendiri.


0 komentar:

Bayu Mayura Pridatama | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all