Selasa, 20 Desember 2011

Tugas Etika Bisnis

Bayu Mayura Pridatama

10108239

4EA12

ETIKA BISNIS (SOFTSKILL)

1. Beberapa prinsip-prinsip yang menjadi pedoman kegiatan sehari-hari dan pendorong bagi setiap orang dalam kegiatan berbisnis, antara lain :

a. Semangat pelayanan prima yang dilakukan

Pelayanan prima biasanya berhubungan erat dengan bisnis jasa pelayanan yang dilakukan dalam upaya untuk memberikan rasa puas dan menumbuhkan kepercayaan terhadapa pelanggan atau konsumen, sehingga pelangggan merasa dirinya dipentingkan atau diperhatikan dengan baik dan benar. Pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan juga merupakan strategi dalam rangka memenangkan persaingan, akan tetapi tidak cukup hanya memberikan rasa puas dan perhatian terhadap pelanggan saja, lebih dari itu adalah bagaimana cara merespon keinginan pelanggan sehingga dapat menimbulkan kesan positif dari pelanggan.

Contoh: pelayan di supermarket maupun mini supermarket, para pelayan selalu menyambut para pelanggan yang datang dengan senyuman dan perkataan yang baik untuk menyambut para konsumennya.

b. Semangat fairness

Seorang penjual harus memiliki kejujuran terhadap konsumennya agar para konsumen merasa senang sehingga memberikan dampak spsikologis terhadap konsumen maupun penjual itu sendiri, dengan kejujuran maka akan terjadinya keseimbangan antara konsumen dengan penjual maupun atasan dengan bawahannya.

Contoh : penjual tahu menjual produknya tanpa adanya bahan pengawet semacam boraks sehingga konsumen akan terus dapat membelinya, meskipun dengan boraks tahu akan lebih awet lebih lama namun penjual tidak menggunakan itu dikarenakan kepercayaan yang telah tercipta oleh para konsumen produknya sudah memiliki kualitas yang baik.

c. Semangat harmonis dan kerjasama

Seorang pengusaha tidaklah mungkin dapat membangun usahanya sendiri tanpa adanya bantuan atau campur tangan dari orang lain dalam menunjang kegiatan bisnisnya, dimana orang lain akan dapat menciptakan kemudahan dalam menjalankan kegiatannya sehingga antara dalam sebuah organisasi dibutuhkan adanya kerjasama yang baik untuk memupuk terciptanya keharmonisan kerja agar terus dapat mengembangan kegiatan bisnisny.

Contoh : kerja sama itu dapat sering terlihat pada apa yang sering dilakukan pada SPG dalam menawarkan barangnya terhadap konsumen, itu tidak terlepas dari kerjasama antara team leader dengan para SPG yang terjun langsung di lapangan, dengan koordinasi yang baik maka akan menempatkan mereka pada tempat yang strategis serta memberikan peluang kerjasama antara konsumen dengan penjual agar membeli produknya.

d. Semangat kerja keras untuk maju

Delam kegiatan bisnis seorang pengusaha harus mekerja kerasa untuk mencapai tujuan yang diharapkannya sehingga apapun kendala yang akan dihadapi akan memicu usahanya untuk terus bangkit agar apa yang diharapkan tercapai.

Contoh :

Contoh : Seorang pengusaha telah dilanda musibah dalam bisnisnya sehingga membuatnya harus kembali membangun usahanya, dengan begitu pengusaha tersebut harus memupuk kembali ushanya mulai dari nol untuk membangkitkan usaha yang selama ini dirintis dan menjadi makmur seperti sedia kala.

e. Semangat hormat dan rendah hati

Dalam dunia bisnis haruslah saling menghormati terhadap rekan bisnis maupun pesaing dimana dengan saling menghormati akan terciptanya keharmonisan dalam dunia usaha sehingga tidak perlu adanya persaingan yang selalu menjatuhkan antar pesaing, jika usaha yang telah dirintis telah berkembang alangkah bijak tetap rendah hati bahwa apa yang telah ada belum tentu itu akan dapat bertahan lama.

Contoh : Dalam bisnis provider telekomunikasi sering kita lihat adanya ketidak harmonisan dimana para pesaing saling menjatuhkan dengan ejekan-ejekan melalui iklannya, hal tersebut tidak patut dilakukan dikarenakan terjadinya adanya pelecehan secara tidak langsung terhadap para pesaing, bagi mereka yang telah memiliki konsumen yang lebih tinggi alangkah bijaknya lebih mempertahankan kualitas produknya disbanding harus terus melawan produk-produk sejenis yang ingin mengembangankan usahanya.

f. Semangat mengikuti hukum alam

Setiap orang memiliki kemampuan dalam dirinya dimana setiap kemampuan dalam diri manusia pasti berbeda, begitu pula dalam dunia bisnis bagi mereka yang memiliki kekuatan dalam menjalankan usahanya pasti akan bertahan lebih lama disbanding bagi mereka yang hanya menjalankan kegiatan usahanya hnay sekedar mencari laba saja. Dengan begitu mereka yang tidak dapat mempertahankan reputasinya akan tersingkir oleh para pesaing yang lebih memiliki kekuatan yang lebih besar.

Contoh : Sudah kita akui bahwa provider telkomsel pada saat ini merupakan perusahaan nomor satu dalam usaha telekomunikasi di Indonesia, bagi perusahaan lain yang ingin bersaing haruslah memikirkan daya saing yang akan dihadapi oleh telkomsel, maka bagi perusahan lain harus memperhatikan apa yang dibutuhkan konsumen untuk mencangkup kebutuhannya sehingga akan dapat bersaing.

g. Kejujuran adalah pangkal sukses

Dalam dunia bisnis terdapat daya saing yang sangat besar dimana meraka akan melakukan berbagai macam cara untuk memperoleh tujuan perusahaanya sehingga mereka, alangkah bijaknya jika dalam kegiatan bisnis selalu memiliki rasa kejujuran dalam prosesnya agar reputasi yang tercipta di dalam individu maupun organisasi akan tampak lebih baik dimata pesaing sehingga kejujuran akan menjadi modal awal dalm melakukan kegiatan bisnis.

Contoh : Untuk memenangkan tender biasanya setiap perusahaan mengajukan ide atau proposal untuk memenangkan tender tersebut, bagi mereka yang melakukan suap untuk memenangkan tender maka akan terjadinya dampak ketidak percayaan apabila suatu saat rahasi tersebut terbongkar yang ujung-ujungnya akan merugikan perusahaan itu sendiri.

h. Semangat bersyukur

Apapun yang terjadi dalam dunia bisnis harulah di syukuri, dengan begitu bagi mereka yang masih tertunda untuk mencapai kesempurnaan akan terus dapat memperjuangkan usahanya lagi, dan bagi meraka yang telah sukses harus tetap bersyukur karena dengan apa yang tealh dimiliki itu harus tetap dijaga dan tidak berspekulasi terlalu jauh.

Contoh : Perusahaan yang telah sukses harus bersyukur dengan apapun yang telah dimilikinya agar selalu mendapatkan ridho dalam usahanya untuk menjaga atau lebih mengembangakan kegiatannya usahanya.

2. “Bisnis apapun adalah bagian dari sebuah system social dan atasa dasar itu mempunyai hak dan tanggung jawab. Kebebasan untuk mengejar tujuan ekonomis dibatasi oleh hukum dan tersalurkan melalui kekuatan pasar bebas, tetapi tuntutan tersebut bersifat minimal, karena hanya menuntut agar bisnis menyediakan barang dan jasa yang diinginkan, bersaing secara fair dan tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain.”

Dari kutipan tersebut dinyatakan bahwa bisnis hanya sebuah kegiatan usaha untuk memperoleh suatu tujuan dalam kegiatannya dimana dalam kegiatan tersebut haruslah mempertimbangkan berbagai macam hal untuk menyalurkan tujuannya. Kegiatan tersebut akan terpantau atau terbatasi dengan adanya peraturan berupa paying hukum maupun budaya yang ada pada setiap suatu negara dimana untuk menjaga kegiatannya tidak keluar jalur sehingga hanya berjalan sesuai dengan apa yang telah diketahui suatu kegiatan bisnis hanya menyediakan apa yang dibutuhkan oleh khalayak ramai, sehingga dalam menajalankan kegiatan bisnis haruslah melihat apa dampak yang akan timbul bagi perusahaan, individu maupun orang lain yang secara tidak langsung akan merasakan dampak tersbut.

Bayu Mayura Pridatama | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all